Selasa, 21 April 2020

Mengatasi Tikus yang Masuk Melalui Pipa Pembuangan Air

Tidak ingin kan, pipa saluran air rusak dan bocor karena tikus, sehingga Anda harus membeli produk pipa yang baru. Memang jika dilihat dari harga pipa di pasaran, ini tidak akan menjadi masalah pada keuangan Anda. Tikus memang selalu membawa masalah, karena pasti akan ada peralatan rumah tangga yang rusak.

Mengatasi Tikus yang Masuk Melalui Pipa Pembuangan Air
Gambar: Viva.co.id

Tikus sering masuk melalui pipa saluran pembuangan air. Namun, ini bisa Anda atasi dengan hanya menggunakan alat sederhana, yaitu sambungan pipa dan juga lem pipa. Memang tidak hanya dari saluran pembuangan saja tikus bisa masuk ke dalam rumah. Akan tetapi, ini yang paling sering terjadi. Apalagi jika rumah Anda tepat berada di samping kali kecil pembuangan air di perumahaan. Besar kemungkinan tikus akan masuk melalui jalur tersebut.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan.

Tutup dengan Sambungan Pipa


Ini hal pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu menambahkan ujung saluran pembuangan dengan sambungan paralon. Sesuaikan ukuran sambungan dengan ukuran pipa yang sesuai. Agar tidak mengganggu, sebaiknya gunakan sambungan L. Ini diperlukan agar pipa tidak menonjol ke bagian luar.

Sebelum menyambungkan pada pipa, terlebih dahulu lubangi sambungan pipa dengan menggunakan mesin bor. Buat luang kurang lebih 5 atau 6 lubang. Setelah itu, pasang mur secara zigzag. Ini akan membuat tikus tidak masuk ke dalam saluran pembuangan. Di saat yang sama, air pembuangan limbah rumah tangga juga tetap bisa keluar dengan lancar.

Setelah dipasangi mur, silakan oleskan lem pipa di bagian ujung yang lalu. Lalu tempelkan atau sambungkan ke pipa pembuangan.

Pasang Penutup Saluran Air 


Langkah preventive selanjutnya adalah memasang penutus saluran air. Ini bisa dipasang di bagian dalam rumah. Namun, jangan asal pilih penutup saluran air ya. Usahakan Anda membeli penutup saluran air yang terbuat dari stainless. Jadi, jika ternyata tikus tetap masuk melalui saluran air, maka tikus tidak bisa menggerogoti penutup saluran.

Lain jika Anda membeli penutup dari bahan atom. Ini bisa digerogoti tikus dan akhirnya tikus bisa masuk ke dalam rumah.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mencegah tikus masuk ke dalam. Namun, Anda juga harus mengantisipasi jangan-jangan tikus bisa masuk melalui jalan yang lain, bukan dari saluran pembuangan air.

Yang pasti, gunakan pipa Rucika untuk saluran pembuangan air. Pipa ini sangat kuat sehingga tidak mampu digerogoti dan dimakan oleh tikus. Karena terkadang tikus akan mulai menggerogoti pipa terlebih dahulu agar bintang ini bisa masuk ke dalam rumah.

0 comments:

Posting Komentar