Rabu, 06 Juni 2012

Material Bahan pada Kitchen Sink

Kitchen Sink atau lebih dikenal dengan sebutan sink saja merupakan salah satu elemen penting pada kitchen set, karena merupakan piranti yang paling sering digunakan , tidak hanya digunakan untuk mencuci peralatan dapur, piring, buah dan sayuran akan tetapi mencuci tanganpun sering dilakukan disini.

Kitchen sink memiliki beberapa variasi, antara lain adalah single bowl kitchen sink /sink mangkok tunggal ,  double bowl kitchen sink (sink mangkok ganda), sink permanen, maupun sink non-permanen (dapat dilepas). Salah satu hal yang perlu anda perhatikan saat membeli kitchen sink adalah material dasar pembuatnya. Ada beragam jenis material kitchen sink yang bisa  anda temui di pasaran. Namun untuk memperoleh yang cocok  harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Kitchen Sink berbahan Stainless steel
Stainless steel merupakan material kitchen sink yang paling banyak digunakan. Dan memiliki beberapa  tingkat kualitas, kualitas dari stainless steel  biasanya dilihat dari tingkat kepadatan stainless steel.  Semakin padat unsur stainless steel , mengindikasikan  bahwa kitchen sink tersebut  lebih kuat dan tahan lama. Kelebihan lain dari stainless steel adalah kuat terhadap panas dan karat selain itu juga relative mudah dibersihkan. Semakin padat unsur stainless steel maka harga dari kitchen sink yang terbuat dari stainless steel ini biasanya semakin mahal.

Kitchen Sink  berbahan Porcelain
Sebagian orang menyebut juga dengan cast-iron ( besi cor), karena kitchen sink berbahan porcelain biasanya akan diperkuat dengan besi cor, porcelain berperan memberikan tampilan glossy, dan besi cor inilah yang akan membuat kitchen sink kuat dan tahan lama. Meskipun memiliki tampilan yang cukup memikat akan tetapi porcelain ini mudah retak bahkan pecah, serta tidak memiliki ketahanan terhadap panas, seperti misalnya bila terkena air mendidih. Untuk memperbaikinya hampir sudah  tidak mungkin lagi, apabila lapisan porcelain ini rusak biasanya konsumen akan membeli lagi yang baru.

Kitchen Sink berbahan Acrylic
Material acrylic ini memilki kelebihan tidak mudah kotor karena tidak berpori, selain itu juga mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap goresan, kitchen sink dengan bahan acrylic banyak diminati karena ringan dan mudah dalam pemasangan. Akan tetapi kitchen sink dengan bahan ini bisa retak dan  tidak tahan terhadap suhu tinggi, apabila anda menaruh peralatan masak anda yang masih panas, terkadang akan mengakibatkan acrylic meleleh.

Kitchen Sink berbahan Solid surface
Bahan kitchen sink jenis ini tergolong masih baru, banyak orang menggunakan bahan ini untuk mengganti material alam seperti marmer atau granit. Solid surface dibuat dari campuran acrylic, siller, polyesteresin dan pigmen warna. Sehingga memilki motif warna yang beragam. Tampilan kitchen sink berbahan solid surface menyerupai Granit yaitu kuat dan padat. Permukaannya pun relative mudah untuk dibersihkan. Dilihat dari segi harga. Kitchen sink dengan bahan ini lebih murah bila dibandingkan dengan material alam asli.

Kitchen Sink berbahan Granit
Harga Kitchen sink granit terkenal mahal, hal ini bukan tanpa alasan, Sink granit memilki ketahanan terhadap goresan. Dan juga  mudah dibersihkan, apabila terkena kotoran. Kelebihan lainnya adalah lebih tahan terhadap panas apabila dibandingkan dengan material lainnya.

0 comments:

Posting Komentar