Rabu, 03 Agustus 2016

Apa Semua Hal Membutuhkan Penghargaan?

Siapa sih orang yang gak suka dikasih penghargaan. Gak perlu penghargaan berupa benda atau hadiah seperti voucher belanja Sodexo yang bisa dimanfaatin untuk belanja di merchant Sodexo. Dapet penghargaan kecil berupa pujian aja, pasti udah seneng banget kan? Apalagi, kalau kita udah susah payah mengerjakan sesuatu, dan orang yang muji hasil kerja kita adalah orang yang tergolong susah banget ngasih pujian untuk orang lain. Hmm... rasanya pasti sangat istimewa kan?

Yap, memang bagi sebagian besar orang, penghargaan adalah hal yang sangat penting. Bahkan, tidak jarang seseorang melakukan suatu kegiatan hanya karena berharap akan ada suatu penghargaan yang diterima dari kegiatan tersebut. Untuk aku sendiri sih, penghargaan bisa menjadi suatu hal yang penting, tapi bisa juga gak. Maksudnya, ada beberapa kegiatan yang akan lebih baik jika terdapat penghargaan setelahnya, namun ada juga yang tidak memerlukan penghargaan.

Rewards, Apakah Semua Butuh ?

Apa aja sih kegiatan yang memerlukan penghargaan? Dan kegiatan apa yah yang gak perlu penghargaan?

Dengan Penghargaan


Beberapa contoh kegiatan yang memerlukan penghargaan misalnya adalah melakukan hal baik (anak-anak) dan kegiatan yang berkaitan dengan kejuaraan. Untuk kegiatan yang berkaitan dengan “melakukan hal baik”, hanya anak-anak sajalah yang penting untuk diberikan sebuah penghargaan. Meskipun mungkin penghargaan ini hanyalah sebuah pujian, namun seorang anak yang diberi pujian setelah melakukan hal baik akan mengetahui bahwa apa yang dilakukannya baik dan benar. Artinya, anak tersebut akan berusaha untuk melakukan hal tersebut dengan cara yang benar sepanjang hidupnya. Misalnya saja, ketika sang anak membuang sampah ke tempat sampah, maka pujilah dengan kalimat “wah pintar ya, sudah bisa buang sampah sendiri di tempatnya”. Hal yang sangat sederhana, namun anak akan mengetahui hal yang dilakukannya sudah benar.

Untuk kejuaraan, jelas membutuhkan sesuatu sebagai penghargaannya. Tingkat penghargaan yang diberikan biasanya akan bergantung pada tingkat kesulitan kejuaraan yang diikutinya. Misalnya saja, jika hanya sebatas lomba antar RT atau sejenisnya, terkadang hadiahnya hanyalah berupa piala dan souvenir. Meskipun begitu, ini tetaplah bentuk penghargaan yang hanya akan didapatkan oleh seseorang yang sudah berjuang agar dapat memenangkan pertandingan.

Tanpa Penghargaan


Contoh kegiatan yang tidak membutuhkan adalah berbuat baik. Yap, menurut aku pribadi, seharusnya sih kita gak berbuat baik hanya karena ingin dipuji. Kalau kita melakukan suatu hal yang baik dengan tujuan ingin di puji, maka kita hanya akan melakukan hal yang baik saat ada orang disekitar kita. Ketika tidak ada, maka belum tentu kita mau untuk melakukannya. Selain itu, kita pasti akan menjadi sangat kecewa ketika ternyata tidak ada orang disekitar kita yang memuji, ketika kita melakukan hal yang baik.

Bagaimana dengan pendapatmu? Kegiatan apa saja yang menurutmu butuh penghargaan dan tidak membutuhkan penghargaan?

0 comments:

Posting Komentar