Rabu, 21 Agustus 2013

Festival Film Makassar SEAscreen 2013

Memasuki tahun ke-2 penyelenggaraan festival film Makassar SEAscreen Academy yang tak lain merupakan kegiatan berbagi pengetahuan tentang film berupa pertemuan kelas, workshop, pemutaran film dan juga produksi film dengan mengundang pembuat film terbaik dari Asia Tenggara dan pembuat film muda dari kawasan timur Indonesia.

Makassar SEAscreen Academy adalah sebuah lokakarya pembuatan film yang mendorong lahirnya pendekatan baru pembuatan film dengan fokus pada inisiatif independen dan lokalitas setempat. Adapun kegiatan festival film SEAscreen mendorong pembuat film pemula Indonesia timur untuk merealisasikan ide-ide mereka dengan bimbingan pembuat film terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Pemberian beasiswa pertukaran ilmu perfilman untuk pembuat film pemula Indonesia Timur Makassar SEAscreen Academy dipersembahkan oleh Rumata’artspace Makassar dengan dukungan Pemerintah Kota Makassar.

Rumata sendiri adalah sebuah inisiatif budaya yang diawali oleh sutradara yang terkenal dengan karya-karya filmnya yang selalu membintangi festival film, Riri Riza dan juga penulis Lily Yulianti Farid.Salah satu manifestasi inisiatif ini adalah pembangunan rumah budaya Rumata’artspace di atas tanah seluas 900m2 di kota Makassar. Dengan pembangunan fasilitas telah berjalan sejak 2010 dan telah berdiri sebuah galeri yang nantinya dapat menjadi pusat kegiatan dan diskusi seni kontemporer seperti film, kegiatan fotografi, seni rupa, musik dan juga sastra bagi para penikmat di kota Makassar. Adapun kelanjutan pembangunan Teater dan rumah residensi seniman masih dalam proses pengumpulan dana.

Rumata’ diharapkan dapat memberi sumbangan penting bagi pengembangan seni dan budaya perkotaan, melalui kegiatan berkelanjutan dan digarap secara profesional tentunya.  Sekaligus menjadi pusat budaya yang hangat dan terbuka.

0 comments:

Posting Komentar